Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta: Asyiknya Berkunjung ke Istana Raja

Keraton Yogyakarta merupakan lembaga istana kerajaan, yang menjadi salah satu istana resmi pangeran ngayogyarata hadiningrat. Pada tahun 1950, keraton ini resmi menjadi bagian Republik Indonesia. Kompleks bangunan yang ada masih menjadi tempat tinggal sultan dan juga rumah tangganya yang sampai saat ini masih menjalankan tradisi kesultanannya. Kini keraton juga menjadi salah satu objek wisata di Yogyakarta. Sebagian dari kompleks keraton menyimpan berbagi koleksi milik kesultanan. Keraton juga merupakan salah satu contoh yang memiliki arsitektur jawa terbaik.

Keraton didirikan oleh pangeran Sultan Hamangkubuwomo beberapa tahun setelah perjanjian Giyanti tahun 1755. Konon katanya lokasi yang ada di keraton ini dulunya di gunakan untuk pesanggerajhan yang bernama Garijitawat, yaitu tempat iring-iringan jenazah raja-raja mataram ( Kartasura dan Surakarta). Namun ada juga sejarah yang menjelaskan bahwa keraton adalah tempat mata air. Keraton Yogyakarta juga merupakan salah satu pemangku adat lengkap beserta dengan pemangku adatnya. Beriku adalah akses untuk menuju ke keraton.

Akses Menuju Keraton

Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta

Letaknya tidak jauh dari pusat kota, tepatnya berlokasi di Jalan Rotowijayan No. 1, Panembahan, Kerton Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepat berada disebelah selatan alun-alum Utara Kota Yogyakarta. Sangat mudah bukan? Jika Anda sedang berada di malioboro Anda cukup berjalan sampai 50 meter lagi. Sesampainya disana untuk dapat menikmati keraton Anda akan dikenakan biaya masuk. Berikut adalah biaya yang akan dikenakan.

Biaya Masuk Keraton

Untuk dapat masuk ke keraton, Anda bisa datang pada jam 08.00 karena keraton buka pukul 08.00 sampai dengan 14.00, setiap harinya dan khusus di hari Jumat, keraton hanya buka dari jam 08.00 sampai dengan 12.00 siang. Biaya yang akan dikenakan untuk wisatawan lokal adalah Rp. 7.000,00, sedangkan untuk wisatawan asing sebesar Rp. 12.500,00.

Fasilitas di keraton sangat lengkap dan komplit, sehingga Anda akan belajar dengan sangat  nyaman dan tentunya sangat tenang. Jika Anda dari luar kota, Anda juga bisa menginap, karena keraton menyediakan tempat penginapan bagi wisatawan. Selain itu tempat parkirnya juga sangat luas, tempat ibadah, tempat makan. Nah Anda juga dapat membeli oleh-oleh yang berada tidak jauh dari Keraton Yogyakarta.  

Aktivitas yang Dapat Anda Nikmati

  1. Wisata sejarah

Anda akan menikmati berbagai koleksi kerajaan, barang antik, peninggalan raja-raja terdahulugamelan, musik, lukisan dan berbagai koleksi-koleksi yang menarik lainnya.

  1. Berfoto

Anda dapat juga berfoto dengan barang-barang terdahulu maupun koleksi peninggalan raja-raja yang tidak akan Anda dapatkan di tempat lain. Namun, untuk dapat berfoto, Anda juga akan dikenakan biaya berfoto sebesar Rp. 1000,00. sangat murah bukan?

  1. Menyaksikan pagelaran Seni

Selain Anda dapat meilhat cara Abdi dalem menyambut Anda, Anda juga akan menyaksikan pagelaran seni harian yang di adakan di Keraton Yogyakarta.

  • Seni sampai dengan selama adalah musik gamelan, yang dimulai pada pukul 10.00 WIB.
  • Rabu, Anda dapat menyaksikan wayang golek menak, juga dimulai pada pukul 10.00 WIB
  • Dihari kamis, Anda akan dapat menyaksikan pertunjukan tari, yang akan dimulai pada pukul 10.00 WIB.
  • Dihari Jumat, Anda akan dipertunjukkan langsung oleh para ahlinya, untuk waktunya di buka apda pukul 09.00 Wib. Pastikan Anda sudah bersiap dari waktu sebelumnya agar tidak mengantri loket supaya dapat memahami sejarah yang ada di Indonesia.
  • Dan di hari Sabtu adalah wayang kulit. Akan dibuka pada pukul 09.30 WIB.
  • Hari weekend, hari yang ditunggu-tunggu ini akan menampilkan wayang orang dan pertunjukkan tari. Dimulai pada pukul 09.30 WIB.
Summary
Review Date
Reviewed Item
Keraton Yogyakarta
Author Rating
51star1star1star1star1star

2 comments / Add your comment below

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *