Ini Dia Akses Menuju dan Tiket Masuk Terbaru Candi Prambanan Yogyakarta

Candi prambanan atau yang biasa disebut candi rorojonggrang, merupakan candi terbesar yang ada di Indonesia. Dibangun pada abad ke 9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk trimukti yaitu dewa hindu. Dewa hindu yang dimaksud adalah dewa Brahma sebagai dewa pencipta, Dewa Wishnu sebagai dewa Pemelihara, dan Siwa sebagai Dewa Pemusnah. Candi ini merupakan salah satu situs warisan UNESCO. Yang menjadi salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Kabarnya karena warga sekitar tidak mengerti bagaimana sejarah candi ini, sehingga berbagai spekulasi terjadi, dari mitos yang mengatakan bahwa canti ini dibangun oleh raja raksasa, dedemit hingga hanya dibangun dalam waktu satu malam, hingga putri cantik yang dikutuk menjadi arca. Legenda mengenai candi Prambanan dikenal sebagai kisah Roro Jonggrang.

Sehingga candi prambanan menyedot wisatawan lokal maupun asing untuk berkunjung. Candi prambanan ini seakan menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi pada saat berada di yogyakarta. Candi prambanan sudah menjadi salah satu simbol percintaan yang legendaris, siapa yang tak kenal dengan kisah-kisah yang seakan sudah tersebar luas dikalangan masyarakat dengan kisah Roro Jonggrang, yang diminta membangun candi dalam waktu satu malam.

Akses Menuju Candi Prambanan

Wisata Candi Prambanan
Wisata Candi Prambanan

Untuk dapat menuju ke candi Prambanan, jika Anda berada dari Kota Yogyakarta, Anda menuju ke jalan Jogja-Solo terus sampai ke timur hingga Anda menjumpai gapura perbatasan Jogja, Jawa Tengah. Setelah itu masih lurus lagi dan Anda akan menjumpai traffic light kemudian Anda belok ke arah kiri dan sudah sampailah di Candi Prambanan. Jarak yang akan Anda tempuh ke Candi Prambanan kurang lebih adalah 16 KM dan waktu tempuh yang normal dari kota menuju Candi Prambanan adalah 35 menit. Cukup mudah kan?

Harga tiket masuk Candi Prambanan

Sayangnya harga untuk masuk ke candi prambanan cukup mahal, bagi Anda yang terbilang ekonomi rendah. Meskipun demikian, Anda tak perlu khawatir, karena Anda akan melihat keindahan yang ada didalamnya. Harga tiket masuk ke candi Prambanan adalah Rp. 40.000,00 untuk wisatawan lokal, dan untuk wisatawan asing sebesar Rp. 338.000,00, cukup mahal ya? Tenang, meski demikian Anda tidak akan kecewa dengan berbagai arsitektur an keindahan yang ada di candi Prambanan. untuk parkir juga berbeda, jika Anda menggunakan mobil, maka Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 10.000,00 sedangkan motor sebesar Rp. 3.000,00.

Aktifitas di candi Prambanan

Hal yang menyenangkan lainnya adalah fasilitasnya yang super oke banget. Anda akan ditemani oleh guide yang sudah disediakan oleh pihak pengelola, untuk menjelaskan sejarah sebenarnya candi prambanan, sehingga Anda tidak akan salah dan keliru memahami sejarah yang sebenarnya. Selain itu sudah disediakan mushola juga, jadi Anda dapat sholat an tidak perlu khawatir akan ketinggalan waktu sholat, Anda tetap dapat sholat tepat waktu. Aktifitas lainnya adalah adanya toilet yang sudah disediakan oleh pihak pengelola dibeberapa titik yang strategis, sehingga Anda akan tetap dapat nyaman menikmati keindahan.

Candi prambanan juga menyediakan gazebo bagi pengunjung. Selain itu ada juga papan informasi, yang akan memberikan berbagai informasi mengenai denah lokasi candi prambanan dan informasi lainnya, sehingga Anda tidak akan kesulitan. Anda juga dapat bermain Golf Cart bersama keluarga, sangat menyenangkan bukan? Anda dapat berlibur sambil bermain. Selanjutnya juga akan ada souvenir shop, yang bisa Anda beli untuk keluarga di rumah maupun untuk sahabat Anda, dan satu lagi yang tidak boleh ketinggalan adalah spot foto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *