Pantai Parangtritis

Akses Menuju dan Tiket Masuk Pantai Parangtritis Yogyakarta

Ingin bermain di pantai khas Jogjakarta? Kunjungi tempat wisata Pantai Parangtritis di daerah bantul Yogyakarta. Pantai ini adalah salah satu pantai yang sangat sering dikunjungi oleh wisatawan lokal atau asing karena lokasinya yang dekat dengan kota Yogyakarta. Pantai ini memiliki pasir yang hampir sama dengan gurun sahara yang ada di Afrika. Tidak heran jika banyak wisatawan yang bermain-main di pantai ini.

Tahukah Anda bahwa pantai ini tergolong unik dan menjadi wisata populer jogja terutama pasirnya tidak berwarna putih ataupun kuning seperti di pantai Baron Yogyakarta. Kira-kira berapa harga tiket masuknya dan apa saja yang bisa dilakukan di pantai Parangtritis ini? Berikut adalah ulasannya.

Akses Menuju Pantai Parangtritis

Untuk menuju pantai Parangtritis ini,  Anda hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam dari pusat kota Yogyakara. Jalan menuju ke pantai Parang Tritis sangat mudah atau bisa juga menggunakan google map. Ke pantai ini berjarak sekitar 27 km dari pusat kota Yogyakarta yang bisa Anda lalui dengan mudah.

Arahkan saja kendaraan Anda menuju jalan Parangtritis dan Anda hanya perlu jalan lurus sampai  kecamatan Kretek. Sesampainya di kecamatan Kretek, Anda hanya perlu lurus saja sampai menemukan tempat pemungutan retribusi (TPR) masuk kawasan pantai Parangtritis, Depok, Gumuk Pasir, Cemara Sewu.

Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis (Credit : PiknikAsik.com)

Dengan tebing-tebing yang menjulang tinggi, terdapat pula objek wisata lainnya yang berada diatas tebing. Memang terkenal banyak dengan fenomena yang mengesankan, Parangtritis adalah pantai yang mempesona dikombinasikan dengan bukit-bukit berbatu, bukit pasir, dan pantai berpasir putih. Selain terkenal sebagai tempat rekreasi. Parangtritis juga merupakan tempat yang suci.

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Setiap kali berkunjung ke Pantai Parangtritis ini, Anda hanya dikenakan tarif TPR sebesar Rp. 7.500 per orangnya. Selain biaya TPR, Anda juga akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp.2000 untuk sepeda motor dan Rp. 5000 untuk mobil. Di kawasan pantai Parangtritis ini juga tersedia banyak tempat penginapan dengan berbagai fasilitas bagi Anda yang ingin bermalam.

Banyak orang datang ke pantai untuk melakukan meditasi. Hingga kini, kawasan ini tetap difungsikan sebagai tempat untuk melakukan upacara adat yang disebut labuhan. Pantai Parangtritis mengungkapkan sebuah fenomena alam. Matahari yang terbenam di setiap titik pantai Parangtritis membawa sentuhan indah dan menakjubkan..

Aktifitas di Pantai Parangtritis

Di pantai ini, aktifitas yang bisa Anda lakukan adalah bisa melihat pemandangan yang eksotis dengan panorama sekitar pantai yang sangat indah. Selain itu Anda juga dapat menyaksikan matahari terbenam dari sini. Salah satu tempat terbaik untuk melihat matahari terbenam. Bisa juga melakukan olahraga pantai seperti berkuda, sepeda motor trail, atau berselancar, paralayang dan masih banyak lagi menarik lainnya.

Ya, Parangtritis adalah pantai terbaik untuk menikmati matahari terbenam sambil bersenang-senang menaklukkan gundukan pasir dengan ATV (All-terrain Vehicle) atau berjalan di sepanjang pantai delman di malam yang romantis. Pasirnya berwarna hitam, bukan putih karena pantai ini berasal dari gunung meletus melalui sungai. Kbenyakan orang memang percaya pada mitos Nyi Roro Kidul atau Ratu Laut Selatan. Banyak orang yang menyarakankan untuk tidak memakai pakaian berwarna hijau agar tidak terseret ke ombak karena Nyi Roror Kidul sangat menyukai warna hijau dan sejenisnya.

Jangan lupa bawa bekal yang enak-enak untuk bersantai di tikar tepi pantai dengan payung yang harus Anda sewa pastinya tidak mahal. Itu saja tentang Pantai Parangtritis kali ini dan selamat bmenikmati keindahan wisata pantai Yogyakarta.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Pantai Parangtritis
Author Rating
51star1star1star1star1star

1 comment / Add your comment below

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *